Ramadhan Bersama PMR SMK Negeri 1 Cilacap

Palang Merah Remaja atau yang disingkat PMR adalah organisasi yang berorientasi dalam kegiatan kemanusiaan. Organisasi PMR berada di tingkatan pendidikan, seperti Sekolah Dasar (SD) yang disebut PMR MULA, pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dikenal sebagai PMR MADYA, dan pada tingkatan Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan (SMA/SMK).

Kegiatan PMR memang berorientasi pada kemanusiaan, kami dituntut tanggap dalam pertolongan pertama terhadap korban- korban tertentu. Namun dalam organisasi PMR ada prinsip- prinsip yang harus dijalankan oleh setiap anggotanya, yaitu:

KEMANUSIAAN : Gerangakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah lahir dari keinginan memberikan pertolongan kepada korban. Tujuannya adalah untuk melindungi jiwa dan kesehatan manusia.

KESAMAAN : Gerakan dalam artian memberikan pertolongan tanpa membeda- bedakan ras,suku, tingkat sosial, budaya, agama, dan yang lainnya.

KENETRALAN : Gerakan yang tidak memihak atau melibatkan diri dalam masalah yang tidak ada sangkut pautnya dengan kemanusiaan.

KESUKARELAAN : Gerakan ini adalah gerakan pemberi bantuan sukarela, yang tidak didasari oleh keinginan untuk mencari keuntungan apapun.

KESATUAN : Didalam suatu negara hanya ada satu gerakan Palang Merah atau Bulan Sabit Merah yang terbuka untuk semua orang dan melaksanakan tugas kemanusiaan diseluruh wilayah.

KESEMESTAAN : Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional adalah bersifat semesta. Setiap perhimpunan mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama didalam menolong sesama manusia.

Dan Tri Bakti PMR:

Meningkatkan keterampilan hidup sehat.

Berkarya dan berbakti di masyarakat.

Mempererat persahabatan nasional dan internasional.

Untuk Mewujudkan Tri Bakti organisasi, PMR SMK N 1 Cilacap mengadakan kegiatan sosial untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadhan 1443 H. Kegiatan ini mengusung tema Sharing is Caring and pioner pelayanan.

Acara dimulai dengan pembagian takjil untuk warga di sekitar sekolah, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Bersama penguatan keilmuan PMR, penguatan agama dan ditutup dengan buka puasa Bersama. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memupuk rasa kemanusiaan yang dibalut melalui kegiatan sosial terutama di bulan penuh berkah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.