• 27Âșc, Sunny
  • Tuesday, 30-04-2024

Membangun Kemandirian dan Kepercayaan Diri dalam Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, siswa tidak hanya menjadi penerima pasif dari pengetahuan, tetapi juga menjadi aktor utama dalam proses pembelajaran mereka. Pendekatan ini mendorong siswa untuk mengambil inisiatif, bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri, dan aktif berpartisipasi dalam pengambilan keputusan terkait pembelajaran. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa didorong untuk menjadi pemimpin dalam pembelajaran mereka. Mereka diberikan kebebasan untuk mengatur jadwal belajar, menentukan metode yang paling efektif bagi mereka, dan membuat keputusan yang berkaitan dengan pembelajaran. Dalam mengambil inisiatif ini, siswa memperoleh kemandirian dan belajar untuk mengelola waktu, sumber daya, dan tanggung jawab mereka sendiri. Selain itu, siswa juga didorong untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Mereka diajak untuk berkontribusi dalam diskusi, berbagi pendapat, dan berkolaborasi dengan teman sekelas. Partisipasi aktif ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, kerjasama tim, dan pemikiran kritis melalui interaksi dengan orang lain. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa juga diberi tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri. Mereka diajak untuk menetapkan tujuan pembelajaran pribadi, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, serta mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka. Dengan bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri, siswa belajar untuk menghargai pentingnya motivasi intrinsik, disiplin diri, dan upaya maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran. Melalui peningkatan partisipasi dan tanggung jawab siswa dalam Kurikulum Merdeka, siswa mengembangkan kemandirian, kepercayaan diri, dan rasa tanggung jawab terhadap pembelajaran mereka. Mereka belajar untuk menjadi proaktif dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri, mengambil langkah-langkah untuk mencapai kesuksesan, dan menghadapi tantangan dengan keyakinan. Hal ini membantu siswa untuk menjadi pelajar sepanjang hayat yang mandiri dan siap menghadapi perubahan di dunia yang terus berkembang.