SMK Negeri 1 Cilacap  di dalam melaksanakan prosedur kerjanya, masing-masing jabatan mempunyai tugas pokok, fungsi dan tanggungjawab, antara lain :

  1. Kepala Sekolah

Kepala sekolah diangkat dan bertanggung jawab kepada kepala Dinas Pedidikan. Kepala Sekolah bukan jabatan struktural, merupakan guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah.

Kepala Sekolah mempunyai tugas :

  1. Memimpin dan mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi SMK Negeri 1 Cilacap;
  2. Mengoordinasikan pelaksanaan tugas para Wakil Kepala Sekolah, Kasubbag Tata Usaha, pendidik, tenaga kependidikan dan tenaga fungsional/profesi lainnya;
  3. Memimpin penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar serta membina guru, tenaga fungsional kependidikan lainnya, ketua program studi keahlian, ketua paket keahlian, penanggung jawab ruang praktik, ketua unit produksi, laboran, pustakawan, tenaga fungsional/profesi lainnya serta membina hubungan kerja sama dengan dunia usaha dan industri dan peran serta masyarakat;
  4. Melaksanakan koordinasi dan kerja sama dengan SKPD/UKPD dan/atau Instansi Pemerintah/Swasta dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi SMK Negeri 1 Cilacap; dan
  5. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsi SMK Negeri 1 Cilacap .

2. Subbagian Tata Usaha dan Keuangan

  1. Kepala Sub bagian merupakan Jabatan Struktural Eselon IV.B dan hanya dapat dijabat oleh Pegawai Negeri Sipil
  2. Sub bagian Tata Usaha dan Keuangan merupakan Satuan Kerja Staf dalam pelaksanaan administrasi umum dan pelaksanaan pengelolaan keuangan SMK Negeri 1 Cilacap .
  3. Sub bagian Tata Usaha dan Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub bagian Tata Usaha dan Keuangan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah.
  4. Kepala Sub bagian Tata Usaha dan Keuangan sebagaimana dimaksud membantu Kepala Sekolah dalam memimpin dan mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi SMK Negeri 1 Cilacap  serta mengoordinasikan Wakil Kepala Sekolah.

Subbagian Tata Usaha dan Keuangan mempunyai tugas :

  1. Menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) serta pengembangan SMK Negeri 1 Cilacap  sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Sekolah (KAS) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) SMK Negeri 1 Cilacap  sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. Mengoordinasikan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) SMK Negeri 1 Cilacap;
  4. Melaksanakan monitoring, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) SMK Negeri 1 Cilacap;
  5. Melaksanakan pengelolaan kepegawaian dan barang SMK Negeri 1 Cilacap;
  6. Melakasanakan kegiatan ketatausahaan dan kerumahtanggaan SMK Negeri 1 Cilacap;
  7. Melaksanakan pengelolaan kearsipan SMK Negeri 1 Cilacap;
  8. Melaksanakan penyediaan, penatausahaan, penggunaan, pemeliharaan dan perawatan prasarana, sarana kerja dan fasilitas SMK Negeri 1 Cilacap;
  9. Memelihara keamanan, ketertiban, keindahan, kebersihan dan kenyamanan kantor SMK Negeri 1 Cilacap;
  10. Melaksanakan pengelolaan teknologi informasi SMK Negeri 1 Cilacap;
  11. Melaksanakan publikasi kegiatan, upacara dan pengaturan acara SMK Negeri 1 Cilacap;
  12. Menerima dan meneliti kelengkapan serta memproses Surat Permintaan Pembayaran (SPP);
  13. Menerima dan meneliti kelengkapan dan memproses pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM);
  14. Menerima, mencatat, membukukan dan melaporkan penerimaan dan pengelolaan SMK Negeri 1 Cilacap;
  15. Menghimpun dan menyusun bahan pertanggungjawaban keuangan;
  16. Menghimpun bahan dan mengoordinasikan penyusunan laporan keuangan, kinerja, kegiatan dan akuntabilitas SMK Negeri 1 Cilacap;
  17. Melakukan analisis dan evaluasi nilai dan manfaat aset SMKN;
  18. Mengoordinasikan, memberikan bimbingan dan konsultasi teknis kepada Bendahara SMK Negeri 1 Cilacap;
  19. Menyusun perhitungan besaran tarif layanan SMK Negeri 1 Cilacap;
  20. Melaksanakan pengkajian potensi sekolah dan pendapatan;
  21. Melaksanakan evaluasi pendapatan;
  22. Memfasilitasi kegiatan kerja sama dalam rangka pengelolaan SMK Negeri 1 Cilacap; dan
  23. Mengoordinasikan penyusunan formula pemberian imbalan/ jasa/layanan kepada pegawai/karyawan lingkup SMK Negeri 1 Cilacap; dan
  24. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Subbagian Tata Usaha dan Keuangan.
  25. Untuk memperlancar dan mengoptimalkan pelaksanaan tugas Kepala Subbagian Tata Usaha dan Keuangan dibantu oleh penanggung jawab Administrasi, Bendahara dan Kepegawaian dan bertanggung jawab kepada Kepala Sub bagian Tata Usaha dan Keuangan.
  26. Tenaga Administrasi, Bendahara dan kepegawaian bukan jabatan struktural, diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Sekolah.
  27. Sebutan dan uraian tugas Admistrasi, Bendahara dan kepegawaian ditetapkan Kepala Sekolah atas usul Kepala Subbagian Tata Usaha dan Keuangan

3. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum

  1. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum merupakan Guru yang diberi tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
  2. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum ditugaskan dan diberhentikan oleh Kepala Dinas untuk masa tugas selama 4 (empat) tahun dan dapat ditugaskan kembali hanya untuk 1 (satu) masa tugas berikutnya berdasarkan penilaian kinerja.
  3. Pengangkatan Wakil Kepala Sekolah diangkat oleh Kepala Dinas atas usul Kepala Sekolah.
  4. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mempunyai tugas
    • Menyusun program pengajaran;
    • Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan;
    • Menyusun dan pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran;
    • Menyusun jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir;
    • Menerapkan kriteria persyaratan kenaikan kelas dan ketamatan;
    • Mengatur jadwal penerimaan rapor dan Ijazah;
    • Mengoordinasikan, menyusun dan mengarahkan penyusunan kelengkapan mengajar;
    • Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan;
    • Mengatur pengembangan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Musyawarah Guru Bimbingan dan Penyuluhan (MGBP) dan koordinator mata pelajaran;
    • Melakukan supervisi administrasi akademis;
    • Melakukan pengarsipan program kurikulum; dan
    • Membina perpustakaan sekolah; dan
    • Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

4. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan

  1. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan merupakan Guru yang diberi tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.
  2. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan ditugaskan dan diberhentikan oleh Kepala Dinas untuk masa tugas selama 4 (empat) tahun dan dapat ditugaskan kembali hanya untuk 1 (satu) masa tugas berikutnya berdasarkan penilaian kinerja.
  3. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mempunyai tugas :
    • Menyusun program pembinaan kesiswaan (OSIS), meliputi Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Karya Ilmiah Remaja (KIR), Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Paskibraka, Pesantren Kilat serta kegiatan siswa lainnya;
    • Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS;
    • Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi;
    • Menyusun jadwal dan pembinaan secara berkala serta insidental;
    • Membina dan melaksanakan koordinasi Kebersihan, Kerapian, Keindahan, Kerindangan, Ketertiban, Keamanan, Ketenteraman, Kekeluargaan dan Ketaqwaan (9 K);
    • Melaksanakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah;
    • Mengatur mutasi siswa;
    • Menyusun dan membuat kepanitiaan penerimaan siswa baru dan pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS);
    • Menyusun dan membuat jadwal kegiatan akhir tahun sekolah;
    • Menyelenggarakan cerdas cermat dan olahraga prestasi; dan
    • Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

5. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan dan Kemitraan

  1. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan dan Kemitraan merupakan Guru yang diberi tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan dan Kemitraan.
  2. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan dan Kemitraan ditugaskan dan diberhentikan oleh Kepala Dinas untuk masa tugas selama  4(empat) tahun dan dapat ditugaskan kembali hanya untuk1(satu) masa tugas berikutnya berdasarkan penilaian kinerja.
  3. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan dan Kemitraan mempunyai tugas :
    • Menyusun dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan dewan sekolah;
    • Membina hubungan antar sekolah dengan wali murid;
    • Membina pengembangan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, swasta dan lembaga sosial lainnya;
    • Membuat dan menyusun program semua kebutuhan sekolah;
    • Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah;
    • Menciptakan hubungan yang kondusif di antara warga sekolah;
    • Menyusun program kegiatan bakti sosial, karya wisata dan pameran hasil pendidikan (gebyar pendidikan);
    • Mewakili Kepala Sekolah apabila berhalangan untuk menghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum; dan
    • Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan dan Kemitraan

6. Wakil Kepala Sekolah Bidang Prasarana dan Sarana

  1. Wakil Kepala Sekolah Bidang Prasarana dan Sarana merupakan Guru yang diberi tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Prasarana dan Sarana.
  2. Wakil Kepala Sekolah Bidang Prasarana dan Sarana ditugaskan dan diberhentikan oleh Kepala Dinas untuk masa tugas selama 4 (empat) tahun dan dapat ditugaskan kembali hanya untuk 1 (satu) masa tugas berikutnya berdasarkan penilaian kinerja.
  3. Wakil Kepala Sekolah Bidang Prasarana dan Sarana mempunyai tugas :
    • Mengoordinasikan dan mengendalikan penyusunan rencana kebutuhan prasarana dan sarana SMK Negeri 1 Cilacap;
    • Mengendalikan penggunaan prasarana dan sarana SMK Negeri 1 Cilacap;
    • Mengoordinasikan penggunaan prasarana dan sarana SMK Negeri 1 Cilacap;
    • Mengoordinasikan penyediaan sarana pengajaran;
    • Mengendalikan pengelolaan perawatan dan perbaikan prasarana dan sarana SMK Negeri 1 Cilacap; dan
    • Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas Wakil Kepala Sekolah Bidang Prasarana dan Sarana.

7. Unit Produksi

  1. Pada SMK Negeri 1 Cilacap  dibentuk dan dikembangkan Unit Produksi untuk meningkatkan keterampilan dalam memproduksi barang atau layanan jasa serta kemampuan wirausaha.
  2. Unit Produksi merupakan satuan usaha yang pelaksanaannya diintegrasikan ke dalam kegiatan kurikulum atau ekstrakurikuler dan beroperasi secara profesional.
  3. Unit Produksi dibentuk dan dikembangkan sesuai kebutuhan dan kemampuan dengan memperhatikan program prioritas.
  4. Unit Produksi mempunyai tugas :
    • Mengimplementasikan kegiatan belajar peserta didik berbasis nilai-nilai industri dan meningkatkan kemampuan pendidik di SMK Negeri 1 Cilacap  pada jenis pekerjaan yang dapat menghasilkan barang atau jasa yang memenuhi standar pasar, memiliki nilai komersial dan layak untuk dijual;
    • Melaksanakan kegiatan perawatan dan perbaikan prasarana dan sarana pendidikan di Unit Produksi dengan prinsip manajemen berbasis sekolah;
    • Menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi peserta didik SMK Negeri 1 Cilacap  dan kegiatan kerja sama produksi pemasaran dan promosi; dan
    • melaksanakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat umum dengan mendayagunakan sumber daya di sekolah
  5. Unit Produksi dalam operasionalnya dikoordinasikan oleh Ketua Unit Produksi dan/atau guru/tenaga fungsional kependidikan lainnya dan tenaga fungsional/profesi lainnya yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah.
  6. Ketua Unit Produksi dapat berasal dari guru/tenaga fungsional kependidikan lainnya yang mendapat tugas tambahan atau tenaga fungsional/profesi lainnya yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah.
  7. Ketua Unit Produksi melaporkan hasil pengelolaan kegiatan dan pemanfaatan fasilitas Unit Produksi kepada Kepala Sekolah melalui Kepala Subbagian Tata Usaha dan Keuangan.
  8. Kepala Sekolah melaporkan hasil pengelolaan kegiatan dan pemanfaatan fasilitas pada Unit Produksi kepada Kepala Dinas setiap 6 (enam) bulan atau sesuai dengan kebutuhan.

8. Program Studi Keahlian dan Paket Keahlian

  1. Untuk mempersiapkan lulusan SMK Negeri 1 Cilacap  siap kerja pada setiap SMK Negeri 1 Cilacap  dikembangkan program studi keahlian dan Kompetensi keahlian.
  2. Program studi keahlian dan Kompetensi keahlian dikembangkan sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  3. Program Studi Keahlian dan Kompetensi Keahlian sebagaimana dimaksud dalam operasionalnya dikoordinasikan oleh Ketua Program Studi Keahlian dan Ketua Paket Keahlian dan/atau pendidik, tenaga kependidikan dan Tenaga Profesional/Profesi lainnya yang pelaksanaan tugasnya harus dipertanggung jawabkan kepada Kepala Sekolah.

9. Satuan Pengawas Internal

  1. Satuan Pengawas Internal merupakan unsur Pengawas Internal SMK Negeri 1 Cilacap  sebagai Unit Kerja Dinas Pendidikan yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD).
  2. Satuan Pengawas Internal sebagai unsur Pengawas Internal dalam melaksanakan tugasnya tidak dapat dipengaruhi oleh Kepala Subbagian, Wakil Kepala Sekolah dan/atau pegawai SMK Negeri 1 Cilacap .
  3. Satuan Pengawas Internal melaksanakan tugas pengawasan internal terhadap pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya (manusia, keuangan, perlengkapan, standar dan prosedur pelayanan) SMK Negeri 1 Cilacap .
  4. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Satuan Pengawas Internal mempunyai fungsi :
  • Penyusunan petunjuk teknis pengawasan internal;
  • Penyusunan program kerja pengawasan internal;
  • Pelaksanaan kegiatan pengawasan internal;
  • Pengelolaan dan pelaporan hasil pengawasan internal;
  • Penyusunan dan penyampaian rekomendasi tindak lanjut dari hasil pengawasan internal yang dilakukan;
  • Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan rekomendasi tindak lanjut hasil pengawasan internal yang dilakukan;
  • Pelaksanaan kegiatan pengawasan internal yang diperintahkan Kepala Sekolah;
  • Pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi dengan pemeriksa/ pengawas eksternal dan/atau aparat pemeriksa internal pemerintah; dan
  • Pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi Satuan Pengawas Internal.

Susunan keanggotaan Satuan Pengawas Internal terdiri dari :

  1. 1 (satu) orang Ketua merangkap Anggota;
  2. 1 (satu) orang Sekretaris merangkap Anggota; dan
  3. 1 (satu) orang Anggota.
  1. Untuk dapat diangkat sebagai Ketua, Sekretaris dan Anggota Satuan Pengawas Internal, sekurang-kurangnya harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
    • Pegawai Negeri Sipil;
    • Memiliki dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas;
    • Memiliki keteladanan dan dihormati di kalangan pegawai SMK Negeri 1 Cilacap;
    • Tidak pernah dikenakan hukuman disiplin kepegawaian;
    • Tidak pernah melakukan perbuatan tercela;
    • Memiliki pendidikan formal minimal diploma tiga (DIII); dan
    • Memiliki integritas.
  2. Ketua, Sekretaris dan Anggota Satuan Pengawas Internal diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Sekolah untuk masa tugas 3 (tiga) tahun dan dapat diangkat kembali hanya untuk 1 (satu) kali masa tugas berikutnya.
  3. Ketua Satuan Pengawas Internal berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah.
  4. Sekretaris dan Anggota Satuan Pengawas Internal berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Satuan Pengawas Internal.
  5. Dalam pelaksanaan kegiatan pengawasan internal Ketua, Sekretaris dan Anggota Satuan Pengawas Internal bertindak sebagai Tim dan hasil pengawasan serta rekomendasi tindak lanjut terhadap hasil pengawasan yang dilakukan merupakan hasil bersama sebagai Tim.
  6. Dalam menjalankan tugasnya, Sekretaris dibantu oleh tenaga Sekretariat paling banyak 2 (dua) orang yang diangkat oleh Kepala Sekolah atas usul Ketua Satuan Pengawas Internal.
  7. Ketentuan lebih lanjut mengenai pembentukan dan rincian tugas Ketua, Sekretaris dan Anggota Satuan Pengawas Internal diatur dengan Peraturan Kepala Sekolah.

Tenaga Fungsional

  1. Tenaga Fungsional adalah tenaga pelaksana penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan pada SMK Negeri 1 Cilacap  yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan.
  2. Pendidik dan tenaga kependidikan melaksanakan tugas sesuai jabatan fungsional masing-masing berdasarkan penugasan Kepala Sekolah.
  3. Pendidik dan tenaga kependidikan wajib mengembangkan kompetensi masing-masing guna meningkatkan pelaksanaan tugas sesuai Jabatan Fungsional yang bersangkutan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan manajemen pendidikan.
  4. Pendidik dan tenaga kependidikan turut aktif dalam pengembangan SMK Negeri 1 Cilacap  dan dapat diberikan tugas tambahan oleh Kepala Sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan pada SMK Negeri 1 Cilacap.

Kepala Sekolah, Kepala Subbagian Tata Usaha dan Keuangan, para Wakil Kepala Sekolah, Ketua Unit Produksi, Ketua Program Studi Keahlian dan Ketua Kompetensi Keahlian, Satuan Pengawas Internal, pendidik, tenaga kependidikan dan tenaga fungsional/profesi lainnya pada SMK Negeri 1 Cilacap  wajib melaksanakan tugas masing-masing sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta menerapkan prinsip koordinasi, kerja sama, integrasi, sinkronisasi, akuntabilitas, transparansi, efektivitas dan efisiensi.